Tidak, anda tidak selayaknya tertawa. Bagi mereka yang mengeluarkannya, ini fatwa suci. Berikut dibawah ini adalah sekumpulan fatwa fatwa “menarik” yang dikeluarkan oleh berbagai otoritas dan tokoh islam Indonesia dan dunia. Beberapa diantaranya dicabut karena tekanan komunitas muslim lainnya, namun sebagian besar tidak.

Poin disini adalah betapa kemasuk-akalan peraturan agama seringnya adalah delusi. Sesuatu yang anda anggap suci bisa saja konyol di mata orang lain, itulah kenapa tidak selayaknya kebenaran dimaknai secara literal dan dianggap baku dari teks teks kitab yang disucikan. Segala peraturan haruslah memiliki landasan alasan dan ilmu pengetahuan yang bagus dan siap diganti/diruntuhkan jika situasi berubah dan menjadi tidak relevan. Ingat, fakta fatwa ini bukan dikeluarkan oleh sembarang orang, banyak dari mereka benar benar menguasai agama dan bersumber Al Quran. Jika anda tidak setuju dengan pendapat mereka, perlu anda pertanyakan apakah ilmu agama anda lebih baik dari mereka. Pertanyaan akhirnya: apa tolok ukur baku yang anda jadikan pegangan baik-buruk benar-salah jika Al Quran melahirkan begitu banyak penafsiran?

1. Fatwa halal bersetubuh dengan mayat istri

Tidak ada larangan bersetubuh dengan mayat dalam Al Quran. Kepala riset fiqih maroko mengeluarkan fatwa yang memungkinkan pria melakukan farewell sex dengan istrinya yang sudah meninggal dunia. Anda mungkin berpendapat ini gila, tapi silahkan sebutkan satu saja dalil dalam islam yang melarangnya dan lawan si ahli fiqih ini.

2. Fatwa haram memakan roti berbentuk segitiga

Kenapa? Karena segitiga adalah simbol trinitas. Jadi itu artinya kristen. Jadi itu haram. Ya, sesederhana itu. Di Somalia, ulama sekaligus mujahidin Al Shabaab yang berafiliasi pada Al Qaidah mengeluarkan fatwa di bulan suci Ramadhan lalu yang melarang umat Islam mengkonsumsi sambousak, kue segitiga diisi dengan daging, keju, atau sayuran. Jika anda mengikutinya, anda perlu hati hati dalam memotong kue. Dan sebaiknya pikirkan kembali untuk tidak memakai celana dalam karena bentuknya segitiga adan biasa dikenakan oleh yesus pada patung patung salib.

3. Fatwa haram menikahi anggota partai Demokrat

Di Mesir, maklumat keagamaan dalam kebanyakan kasus dicampur dengan politik. Syaikh Amr Sotouhi, kepala Komite khotbah Islam di Al-Azhar, pada bulan November lalu menerbitkan sebuah fatwa yang melarang seorang ayah menikahkan anak perempuannya kepada mantan anggota Partai Demokrat Nasional Mubarak yang berkuasa sebelumnya karena kebanyakan dari mereka adalah koruptor.

Fatwa serupa dikeluarkan oleh Syaikh Imad Iffat, yang tewas ditembak bulan ini dalam bentrokan antara demonstran dan tentara Mesir. Fatwa Iffat melarang umat Islam dari memberikan suara untuk anggota partai Mubarak yang dibubarkan dengan alasan yang sama dengan fatwa Amr Sotouhi yaitu korupsi.

Jika anda pikir agama digunakan sebagai alat politik hanya terjadi di mesir, pikirkan lagi. Gunakan definisi politik secara lebih luas.

4. Fatwa yang menyebutkan hasil pemilu di Mesir telah tercantum dalam Al Quran
Muhamad Abdul Hadi, wakil ketua partai Salafi An-Nur dari Dakahliya mengatakan bahwa hasil pemilihan parlemen, di mana partai mereka mencetak kemenangan tak terduga, telah disebutkan dalam Al-Quran.

5. Fatwa MUI Indonesia yang mengharamkan yoga
Yoga berasal dari tradisi Hindu. Ergo, kafir. Fatwa ini dikeluarkan oleh MUI indonesia yang kecil kemungkinan pernah mengikuti kelas yoga mengingat yoga modern hanya sebatas olah raga dan tidak terafiliasi dengan kegiatan sesembahan apapun. Tapi toh mereka kan sekumpulan ulama ulama berilmu tinggi. Kalian yang tidak memahami jelas jelas ilmu agamanya belum sampai.
Sumber: http://www.time.com/time/world/article/0,8599,1874651,00.html

6. Fatwa bumi datar dan matahari mengelilingi bumi
Sejak agama kristen/katolik kuno dipercayai bawa Tuhan secara khusus menciptakan bumi dan manusia, serta semua benda langit mengelilingi bumi. Entah disengaja atau tidak, AL Quran menunjukkan tendensi serupa. Banyak ayat Al Quran yang mengindikasikan bahwa bumi ini datar terbentang layaknya karpet. Tentu saja Al Quran adalah sumber kebenaran sejati, itulah kenapa Mufti besar dari Arab Saudi Sheikh Ibnu Baaz mengeluarkan fatwa resmi panjang bahwa bumi ini datar seperti piringan dan matahari mengelilingi bumi. Segala gambar di televisi dan media adalah konspirasi barat untuk membuat islam tampak konyol. Well, sebenarnya anda bisa mendapatkan penjelasan yang lebih “masuk akal” dengan menggoogle “flat earth society”. Dijelaskan disana bagaimana sesungguhnya bumi ini datar. Pas sesuai dengan ayat ayat Al Quran.
Sumber: Al-Ahram Weekly Issue 477, 13-19 April, 2000.

7. Fatwa untuk membunuh penulis buku fiksi, Salman Rushdie
Pada tahun 1988, buku berjudul Satanic Verse, novel yang sebenarnya tidak menyinggung islam, membuat Ayatollah Khomehini menyerukan fatwa dan menawarkan hadiah bagi siapapun yang membunuh Salman Rushdie. Ini disertai fatwa bahwa membaca bukunya adalah haram. Bayangkan, anda disuruh untuk membunuh orang karena dia menulis novel fiksi sementara kita bahkan tidak boleh membacanya. Lucunya, pada tahun itu di Iran 24% penduduknya juga buta huruf. Fatwa ini membuat jutaan muslim memburu salman rushdie. Termasuk ancaman terror dan serangan pada seluruh penerbit, editor, hingga penterjemah termasuk menyebabkan kematian penerjemah buku ini di jepang: Hitoshi Iragashi.
Source: “The West Is Choked by Fear”, Der Speigel Jan 4, 2010, Henryk Broder

8. Fatwa mengharamkan gaya Tomboy
Sebagai agama yang banyak sekali membatasi ruang gerak wanita (dengan alasan mulia demi kebaikan wanita itu sendiri) majelis ulama Malaysia mengeluarkan fatwa dimana wanita muslim bergaya tomboy, menggunakan celana panjang, dan segala hal yang tidak feminin. Well, demi kebaikan mereka juga. Stay in the kitchen!
Source: http://www.themalaysianinsider.com/index.php/malaysia/12909-sisters-in-islam-hits-out-at-tomboy-fatwa

9. Mickey Mouse harus dibunuh!
Muhammad Al Munajid bukanlah sembarang orang. Beliau adalah ulama besar dan menjadi duta besar Arab saudi untuk Amerika. Mengatakan bahwa tikus adalah prajurit setan, maka tikus dan saudaranya si mickey mouse harus dibunuh bagaimanapun juga. Anda bisa dengan leluasa mencari rekaman wawancara ini di Youtube.
http://www.foxnews.com/story/0,2933,423304,00.html

10. Sepakbola!
Ya, ini pernah dimuat di harian Arab Saudi Al Watan, bahwa tidak selayaknya umat muslim bermain bola dengan 11 orang layaknya yahudi dan kristen. Dan mainkanlah dengan piyama dan pakaian tak berwarna karen apakaian merah yang tercantum nomor urut bukanlah pakaian muslim. Mereka juga menyerukan untuk menghapus garuis garis pembatas agar menjadi berbeda dengan peraturan sepakbola Internasional. Ingat, ini fatwa arab, bukan main main.
Source: “A Fatwa on Football”, The Guardian, Monday 31 October 2005.

11. Golput Haram di Indonesia
Contoh lain keampuhan agama bagi alat politik, baru saja MUI keluarkan fatwa yang agak sensitif. Ketua Komisi Fatwa MUI Sumatera Barat Gusrizal Gazahar mengatakan, ulama sepakat memutuskan golput hukumnya haram jika ada pimpinan yang dipilih memenuhi syarat. Sebaliknya, bila ada seseorang yang tepat untuk menjadi pimpinan tetapi pemilih memutuskan Golput hukumnya juga haram. “Dalam Islam, memilih pimpinan itu wajib, asal[kan] pimpinan yang dipilih itu memenuhi persyaratan,” kata Gusrizal.
http://tempointeraktif.com/hg/nasional/2009/01/26/brk,20090126-156936,id.html

12. Rebonding dan Prewedding Haram!
Ingat, Allah menciptakan manusia dengan sebaik baiknya bentuk. Rebonding haram karena termasuk kegiatan yang menyerupai orang orang fasik. Prewedding? Haram karena mengumbar kemesraan selagi belum sah sebagai suami istri. Ini dikeluarkan oleh salah satu pondok pesantren terkenal di Indonesia sementara MUI sendiri masih mengakui ada perbedaan pendapat mengenai hal ini.
http://nasional.news.viva.co.id/news/read/121643-mengapa_rebonding___pre_wedding_haram

List ini akan semakin panjang. Dont worry…

5 responses »

  1. Asep Sopyan mengatakan:

    Menarik. Memang lucu-lucu ya fatwanya. Tks

  2. nomor 9. bawa link sourcenya ke website foxnews.com… you fail loser!
    check aja foxnews itu sumber propaganda partai republik (amerika) yang support perang dan doktrin ga bener!

  3. den bagus mengatakan:

    Masalah fatwa kalopun kita gak meyakininya gak masalah….anda harus mengerti arti fatwa…tuhan juga gak butuh kepercayaan kita…tapi kita pun harus tau…bahwa tuhan punya cara sendiri….jadi tak usah amda umbar2….

  4. Gunawan mengatakan:

    Untuk pembahasan ini… menurut saya merupakan pembahasan yg tidak berbobot, pemahaman terlihat tidak mendalam dan hanya mencari-cari.. seperti pernyataan bumi flat oleh orang bukan muslim tp dinyatakan seolah2 oleh muslim..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s